Pages

Cara Membuat Flashdisk Bebas Virus

Diposting oleh tegar Saputra on Rabu, 29 Agustus 2012

Flashdisk, bentuknya yang mungil menjadi media penyimpanan data yang paling sering digunakan. Mudah dibawa kemana-mana, mudah disimpan dan tidak membutuhkan tempat khusus untuk membawanya. Bahkan hanya dengan seutas tali flashdisk, ia akan bertengger aman di leher kita layaknya kalung.

Namun, flashdisk yang memiliki kara
kter CS kuadrat alias colok sana colok sini sangat rentan tertular virus dan menularkan virus. Piyuh! so, berhati-hatilah terhadap kekurangan dari media penyimpanan data ini, bisa-bisa CPU anda yang segedhe itu dibuat teler oleh flashdisk yang mungil dan imut kerena infeksi virus yang dibawanya

LANGKAH SINGKAT :

Buat folder autorun.inf di flashdisk
Buat file dengan karakter unik di folder autorun.inf

LANGKAH DETAIL :

Buatlah sebuah folder dengan nama “autorun.inf” (tanpa kutip) dalam flashdisk.
Masuklah folder autorun.inf tersebut kemudian buatlah file dari notepad dengan cara klik kanan di tempat kosong pilih New pilih Text Document dan berilah nama sesuka Anda, misal coba.txt
Bukalah program CHARACTER MAP dengan cara masuk START kemudian ALL PROGRAMS, ACCESORIES, SYSTEM TOOLS, dan CHARACTER MAP.

Setelah CHARACTER MAP terbuka, pilih font yang berakhiran Unicode, misal Arial Unicode. Scroll kebawah sampai terlihat huruf-huruf unik seperti tulisan China.

Pilih 5 atau lebih karakter atau huruf China yang Anda inginkan, klik dua kali tiap kali Anda memilihnya. Setelah selesai klik tombol Copy.
Rubahlah nama file coba.txt dengan karakter unik pada step 5 tadi dengan cara kembalilah ke flashdisk Anda, masuklah ke folder autorun.inf, klik kanan pada filecoba.txt, pilih rename, kemudian tekan secara bersama-sama Ctrl+V. (Jika keluar karakter kotak-kotak abaikan saja)
Selamat, anda telah mempelajari tips mudah cara melindungi flashdisk dari virus.

Penjelasan singkat : folder Autorun.inf yang Anda buat tadi akan memblokir virus membuat file autorun.inf yang mengangkut virus. Virus yang cerdas akan berusaha menghapus folder autorun.inf, tetapi karena di dalamnya ada file dengan karakter atau tulisan unik tadi, virus tidak akan bisa menghapusnya

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar