Pages

Masa 90-an nih !

Diposting oleh Unknown on Rabu, 29 Agustus 2012

1. Yang jelas gue saat itu masih dalam kondisi ganteng imut2 ga kayak sekarang ganteng amit2. Kalopun saat ini gue masih imut itu maksudnya adalah Item Mutlak! Seneng kan?! Dasar!

2. Waktu itu hape belum berserakan kayak sekarang. Gue malah belum kenal hape itu makanan apa. Jadi waktu itu belum ada istilah nada sambung, nada getar, RBT, SMS mama minta pulsa dan sebagainya.

Satu2nya benda telekomunikasi genggam terkeren yg gue temui masa itu cuma radiogram milik komandan satpam.
"Kijang satu, kijang satu, kampret rusia memanggil, ganti!" Krek.. Kreek..

3. Jejaring so sialan semacam facebook, twitter, google dan kawan2nya belum lahir.
Persahabatan begitu akrab di dunia nyata. Kalo mau nyolek cewek ya colek beneran pake jari jemari bekas cebok. Ga kayak poke2 bayangan ala fesbuk sekarang ini. Dulu dalam dunia persahabatan mana ada istilah remove friend, bokir eh blokir, add confirm, follow unfollow, mensen gue, jempolin status gue.Belum ada.

4. Pengguna email ga sebanyak sekarang.
Kalo mau kabar2ansama orang seberang musti melaluisurat, ditulis di atas lontar dan dititipkan sama burung merpati! Halah! Itu sih jaman Majapahit Miin?!
Kalo tahun 90-an itu ada istilah 'Sahabat Pena'. Di mana orang2 pada jaman itu, bisa bersahabat dgn orang2 lain dari berbagaipelosok tanah air bahkan internasional : surat2an, tukeran foto, post card, ada juga filateli-nya alias ngumpulin prangko.
Cuma lama prosesnya. Misalnya gue kirim surat buat sahabat pena cewek di Papua, yg mana isi surat itu mengabarkan bahwa gue masih ganteng walafiat, mungkin aja saat surat itu tiba di sana gue udah tua. Dan saat gue dapat surat balesan, gue udah punya cucu empatbelas.
Pada era itu adalah masa jaya2nya Pak Pos, beliau jadi idola dimana2dari kota hingga ke desa2 tertinggal, kehadiran selalu ditunggu, kangenben aja kalah beken.

6. Sandiwara radio masih sangat laku.
Pokoknya kalo udah sorean dikit, cepet2 tutup BB matiin notebook, abis itu duduk manis depan radio konsentrasi penuh dengerin Restu Singgih ama Jail Singgih berantem rebutan Nilam Cahya. Niniii pelleett.. Kehkehkeh..

7. Program salam lewat radio juga tinngi ratingnya.
Anak2 alay jaman dahulu hobi betul kirim kartu atensi ke studio. "Dari Si Bujang Merana, mau nyenggol2 Putri pemalu, pujangga kelana, bidadari misterius, gadis berkerudung taplak, arjuna mencari combro, anoman obong, iblis baik hati, hantu blau pokonya semuanya dari A sampai Z. Jgn lupa senggol baliknya yak!
Minta lagu Doel Sumbang, Spesial buat Si Gadis Desa di villa penantian, aku selalu merindukanmu cayang.. Aeeehhh mateeeee.
Gue bukan pelaku, tapi gue saksi hidup bagaimana dulu kakak2 sertaabang2 kita berprilaku miring suka cengar cengir sendiri di depan radio,kwukwuk..

8. Jaman itu game-nya masih yg tradisional tapi sangat sangat sangat menggembirakan gue banget!
Ex: petak umpet, gobak sodor, patel lele, dam2an, dakon, kelereng, yg agak canggihan ular tangga sama ludo, yg paling canggih gameboot, itupun kalo mau main harus benkonfrontasi sengit dulu sama adek2 di rumah! Beugh!

9. Acara2 TV kesayangan di antaranya: Jacky, kucing2 hitam, Deru Debu, Jalan makin membara, jin dan jun, jinny oh jinny, tuyul dan mbak yul, saras 008, panji millenium.
Hari minggu, harusnya libur gue malah nonton Wiro Sableng.
Malah saking terobsesinya jadi pendekar kapak maut naga geni, gue sampai nulis angka 212 di dada pake areng, pake ikat kepala, truspas sepi orang gue memperagakan jurus pukulan mataharinya Kang Wiro, sambil teriak ciiiaaatttt... Soswit bgt ga sih?
Sementara acara TV yg paling gue benci adalah siaran khusus habis dunia dalam berita!
Boring abis! Kadang2 sampai pengen gue labrak stasiun tv-nya!

10. Kalo buku, yg sering gue baca waktu itu sih serial petruk semar gareng bagong mahakarya Tatang S.
Hasil barter 10 kg alat dapur rusak dgn 1 buku sama tukang rongsokan keliling.
Gue ingat bgt kata2 pembukaan buku Tatang S : Salam sayang ga akan hilang salam manis ga akan habis buat semua pecinta karya saya.

11. Puasa2 gini yg paling bahagia! Di rumah byk makanan enak, dibeliin baju lebaran, nyalain lilin, main kembang api, ngeledakin mercon. Waktu malam takbir, rame2 jalan kaki keliling kampung bawa obor sambil mengkumandangkan lafadz takbir menyambut hari kemenangan.
Merinding gue ngingetnya. Asli..
Siangnya semakin gembira ria, dikasih angpao sana sini, mejeng2 kemana2, bersilaturrahmi ke rumah tetangga.
Seneng bgt kalo ke rumah orang kaya, kue lebarannya enak2. Berhubung jarang makan roti, langsung aja tanpa aba2 meraih satu toples roti Khong Guan, begitu dibuka?
Setan alas kecoak israel tikus hamil!! Ternyata palsu, isinya rengginang sama opak!

12. Udah ya.

Tapi kalo temen2 punya
cerita lain, ga usah disimpen,tulis aja di
komen, atau yang mau protes karna gk ada no 5 silahkan :D

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar